Mengenal Kapur




1. Pengertian Kapur
Kapur adalah sebuah benda putih dan halus terbuat dari batu sedimen, membentuk bebatuan yang terdiri dari mineral kalsium. Biasanya kapur relatif terbentuk di laut dalam dengan kondisi bebatuan yang mengandung lempengan kalsium plates (coccoliths) yang dibentuk oleh mikroorganisme coccolithophores. Biasanya lazim juga ditemukan batu api dan chert yang terdapat dalam kapur. (https://id.wikipedia.org/wiki/Kapur)
Untuk mengatasi pH tanah maupun pH air  yang masam salah satu cara yang efektif yakni dengan pengapuran, pemberian kapur disaat pengolahan tanah sangat dianjurkan selain ngatasi pH yang rendah juga dapat memperbaiki fisik dan mengaktifkan mikroorganisme yang ada didalam tanah.

2. Pengapuran
Pengapuran merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan kestabilan keasaman (pH) tanah dan air, sekaligus memberantas hama penyakit. Jenis kapur yang digunakan untuk pengapuran kolam ada beberapa macam diantaranya adalah kapur pertanian, yaitu kapur carbonat : CaCO3 atau [CaMg(CO3)]2 dan kapur  tohor/kapur aktif (CaO). Kapur pertanian yang biasa digunakan adalah kapur karbonat yaitu kapur yang bahannya dari batuan kapur tanpa lewat proses pembakaran tapi langsung digiling. Kapur pertanian ada dua yaitu kalsit dan Dolomit. Kalsit bahan bakunya lebih banyak mengandung karbonat, magnesiumnya sedikit (CaCO3), sedangkan dolomit bahan bakunya banyak mengandung kalsium karbonat dan magnesium karbonat [CaMg(CO3)]2. Dolomit merupakan kapur karbonat yang dimanfaatkan untuk mengapuri lahan bertanah masam. Kapur tohor adalah kapur yang pembuatannya lewat proses pembakaran. Kapur ini dikenal dengan nama kapur sirih, bahannya adalah batuan tohor dari gunung dan kulit kerang (Bowles, 1991).
 Dosis kapur yang akan ditebarkan harus tepat karena jika berlebihan kapur akan menyebabkan kolam tidak subur, sedangkan bila kekurangan kapur dalam kolam akan menyebabkan tanah dasar kolam menjadi asam. Peningkatan kandungan alkalinitas total pada kolam pemeliharaan ikan dapat digunakan kapur pertanian. (Suriadi, 2000).

3. Jenis Jenis Kapur dan Funsinya
a)    Kapur Tohor atau Kapur Sirih
Kapur tohor atau kapur sirih atau dikenal juga dengan namam Kapur oksida (CaO) adalah kapur hasil pembakaran atau pemanasan dari kapur mentah Kalsium karbonat (CaCO3) pada suhu diatas 825 derajat celsius. Persamaan reaksinya : CaCO3 (s) <=> CaO (s) + CO2 (g). Selain diberikan untuk pertanian kapur inipun biasa digunakan orang sebagai teman makan sirih (menyirih).
Kapur tohor ini sangat efektif untuk meningkatkan pH tanah maupun air. Biasanya pada kegiatan usaha perikanan kapur tohor digunakan pada persiapan lahan saat tanah tidak dapat kering dengan maksimal.
          
          b)   Kapur tembok atau Kapur Hidroksida
Kapur tembok adalah kapur hasil reaksi kapur tohor dengan air.Kapur ini dikenal pula sebagai kapur hidroksida dengan rumus umum Ca(OH)2. Persamaan reaksinya : CaO (s) + 2H2O (l) <=> Ca(OH)2 (aq).
Penggunan Kapur hidroksida pada kegiatan usaha perikanan juga untuk meningkatkan pH air maupun tanah. Jenis kapur ini sangat efektif digunakan pada saat persiapan lahan, terutama pada saat tanah tidak mampu kering secara maksimal. Selain menaikan pH, kapur ini juga sangat baik menaikan redoks tanah.

           c)     Kapur Karbonat
Kapur Karbonat merupakan kapur yang berasal dari batuan kapur tanpa melalui proses pembakaran melainkan langsung digiling. Kapur karbonat mempunyai 2 jenis yaitu Kalsit/kalsium karbonat (CaCO3) dan Dolomit (CaMg(CO3)2). Kalsit dalam struktur kimianya lebih banyak didominasi oleh unsur Kalsiud (Ca), dan sedikit sekali unsur Magnesium (Mg), sehingga rumus kimianya menjadi CaCO3.
Dalam kegiatan perikanan, kaptan maupun dolomit biasa digunakan pada air. Kaptan dan dolomit sangat baik dalam menjaga alkalinitas air terurama saat terjadi hujan ataupun setelah penambahan air. Dolomit memiliki kandungan CaMg yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan plankton, namun penggunaannya pun perlu diperhitungkan supaya plankton tidak terlalu padat.




Gambar Kemasan Kapur Dolomite

Gambar Kemasan Kaptan

Komentar

  1. Jika anda membutuhkan kapur Cao, / Calcium oxyde, /CaCo3/ Calcium carbonate, CaOH2/ Calcium Hydroxyde, Kaptan, Dolomit, Zeolite, Bentonite,
    Silahkan hubungi 081281774186
    Harga murah, pabrikan . Minimal order 1ton

    BalasHapus
  2. Iklan kapur

    Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa....
    Kami menjual Batu kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Asep 081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu

    BalasHapus
  3. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa....
    Kami menjual Batu kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Asep 081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu
    Siap kirim ke seluruh kota di indonesia

    BalasHapus
  4. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...

    Kami menjual aneka Kapur :
    - Kapur Aktif / Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur Padam / CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung / CaCo3 /Kalsium Karbonat / Kapur pertanian /Kaptan .
    - Zeolite .
    - Bentonite .
    - Dolomite dll.

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep 081281774186
    085793333234

    Jln. Padalarang - Bandung Barat.

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.



    BalasHapus
  5. Terimakasih artikelnya bagus dan bermanfaat,
    Untuk informasi jika ada yang membutuhkan produk olahan kapur seperti :

    – Kapur Pertanian / Kaptan
    – Kapur Dolomite
    – Kapur Cao / Kalsium Oksida.
    – Kapur CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    – Kapur Tepung CaCo3 /Kalsium Karbonat
    – Zeolite tepung, Granul dll.

    Untuk open order silahkan hubungi Bpk Asep
    081281774186
    085793333234
    Silahkan simpan nomor dan hubungi jika sewaktu waktu membutuhkan.

    BalasHapus
  6. Selamat siang kawan, Mohon ijin promosi ya Kami menjual produk Kapur :
    -Kapur pertanian /Kaptan .
    -Dolomite
    - Kapur Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur CaCo3 /Kalsium Karbonat dll.

    Untuk informasi pemesanan Silahkan hubungi :

    Bpk Asep
    081281774186
    085793333234

    Padalarang - Bandung Barat.

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan. Terimakasih.

    Chat whatsapp: https://wa.me/message/PIL7D5MLIJOOJ1

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung SR dan FCR Udang Vaname saat Kegiatan Produksi

Cara mengetahui berapa estimasi udang di tambak

Plankton, Lumut, Klekap dalam budidaya udang