Penebaran Benur Udang Dengan Beda Salinitas Tinggi

Penebaran Benur Udang Dengan Beda Salinitas 5 - 15 ppt




Gambar 1. Kegiatan Penebaran Benur


Kisaran salinitas yang rendah dapat menurunkan oksigen terlarut dalam air, selain itu dapat menyebabkan tipisnya kulit udang. Sedangkan kisaran salinitas tinggi dapat menyebabkan terhambatnya proses molting sehingga pertumbuhan udang terhambat. Namun yang paling berpengaruh dari salinitas adalah perubahan drastis dalam waktu yang sangat dekat.  Pengaruh perubahan salinitas tersebut dapat menyebabkan proses osmoregulasi udang terganggu bahkan dapat menyebabkan udang stress. 

Dalam kegiatan penebaran benih udang biasanya ditemui perbedaan salinitas yang tinggi. Hal tersebut dimungkinkan karena tingginya curah hujan atau karena tambak jauh dari laut sementara saluran air terpengaruhi oleh air tawar. Pada kondisi dimana salinitas tidak mampu untuk dinaikan atau tidak mampu diturunkan kegiatan penebaran benur perlu dilakukan dengan sangat hati hati. Adapun tahapan kegiatan penebaran benur adalah sebagai berikut :

1) Aklimatisasi Suhu
Aklimatisasi ini dilakukan dengan cara meletakan plastik packing benur ke atas permukaan air tambak. Jika suhu sudah sesuai biasanya ditandai dengan munculnya embun air pada plastik packing. 



Gambar 2. Kegiatan Aklimatisasi Suhu

2) Aklimatisasi Salinitas
Aklimatisasi salinitas umunya dilakukan dengan membuka plastik packing benur dan menambahkan sedikit demi sedikit. Hal Tersebut umum dilakukan jika salinitas air tambak dan plastik packing hanya berjarak di bawah 5 ppt. Namun pada beda salinitas yang jauh yaitu antara 5 - 15 ppt, akan lebih aman jika kita melakukan aklimatisasi pada wadah yang lebih luas (tidak dalam plastik packing). "Hal tersebut dilakukan karena idealnya pada penebaran benur udang dengan beda salinitas yang jauh kegiatan aklimatisasi salinitasnya butuh waktu yang lebih lama. Sehingga jika aklimatisasi salinitas masih dilakukan di dalam plastik packing dalam waktu yang lebih lama dikhawatirkan udang akan ke kurangan oksigen." Untuk itu diperlukan wadah aklimatisasi yang lebih luas. Selain hal tersebut perlu juga dicermati untuk tidak membuka dahulu semua plastik packing setelah aklimatisasi suhu. Plastik packing dibuka hanya ketika akan dimulai aklimatisasi salinitas saja. 

Gambar 3. Kegiatan Aklimatisasi Salinitas dengan Menggunakan Baskom



Demikianlah kegiatan penebaran benur dengan beda salinitas yang jauh. Udang yang mampu beradaptasi akan berenang dengan normal sementara udang yang tidak mampu beradaptasi akan meletik/melompat saat ditebar ke petak tambak.  Selamat mencoba, supaya kegaiatan ini berhasil jangan lupa berdo'a sebelum mengerjakannya. 
Gambar 4. Dahulukan Berdo'a Sebelum Mengerjakan

Komentar

  1. Bagus sekali pak pembahasannya, kalau boleh bisakah saya minta konta wa pak agar bisa sharing" ilmu dengan anda?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung SR dan FCR Udang Vaname saat Kegiatan Produksi

Cara mengetahui berapa estimasi udang di tambak

Plankton, Lumut, Klekap dalam budidaya udang