ADMINISTRASI KELOMPOK

PENDAHULUAN

            Administrasi kelompok adalah seperangkat catatan atau dokumen yang menyangkut semua kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tersebut.
Perangkat administrasi kelompok yang baik dan benar diperlukan sebagai bahan informasi bagi kelompok maupun pihak lain yang berkaitan dengan kelompok itu, seperti : usaha, permodalan, jaringan kerjasama dan lain-lain. Perangkat administrasi itu dibedakan menjadi dua bagian pokok, yaitu administrasi kegiatan dan administrasi keuanagan.
Administrasi kegiatan adalah segala catatan yang dilakukan oleh kelompok berkaitan dengan kegiatan kelompok diluar urusan keuangan. Beberapa perangkat administrasi kegiatan yang diperlukan kelompok antara lain:
1.      Buku Anggota
2.      Buku Kegiatan Kelompok
3.      Buku Tamu
4.      Buku Notulen Rapat
5.      Buku Produktivitas dan Hail Produksi
6.      Buku Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar
7.      Buku Ekspedisi
8.      Buku Kepemilikan Sarana /Prasarana Anggota
9.      Buku Luas Lahan Garapan
10.  Buku Pengurus
11.  Buku Daftar Hadir
Administrasi Keuangan adalah segala catatan yang dilakukan oleh kelompok berkaitan dengan keuangan kelompok
Perangkat Kelengkapan Administrasi Lainnya:
Buku-buku dan dokumen penting lain yang harus dimiliki kelompok yang kuat dan sudah maju..
Jenis –Jenis Administrasi Kelompok
Administrasi Kegiatan Kelompok
Buku Induk Anggota
Adalah dokumen tertulis yang berisi tentang biodata kelompok. Buku ini bermanfaat untuk mengetahui nama-nama anggota, jumlah dan perkembangan anggotanya serta hal-hal lain yang berhubungan dengan data anggota kelompok.
Buku Tamu
Adalah dokumen tertulis yang berisi catatan tentang pihak-pihak luar yang pernah berkunjung ke dalam kelompok.
Buku Notulen Rapat
Adalah berisi catatan tentang hal-hal yang telah dibahas dalam setiap pertemuan kelompok, baik pertemuan pengurus maupun pertemuan anggota.
Buku Kegiatan Kelompok
Adalah dokumen tertulis yang mencatat tentang segala kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok, misalnya rencana kegiatan kelompok, catatn pelaksaan kegiatan, hasil monitoring dan evaluasi.
Buku Produktifitas dan Hasil Produksi
Adalah dokumen tertulis yang mencatat tentang segala hasil tingkat produktivitas panen dan produksi usaha perikanan  seluruh komoditi yang diusahakan para poklahsar yang dilaksanakan di wilayah kelompok tersebut.
Buku Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar
Adalah dokumen tertulis yang berisi catatan tentang surat-surat yang dibuat kelompok untuk para anggota maupun pihak luar serta surat-surat yang diterima kelompok dari pihak-pihak luar yang pernah dikirim ke kelompok.
Buku Ekspedisi
Adalah dokumen tertulis yang memuat tentang bukti pengiriman dokumen seperti surat maupun dokumen/barang lainnya yang dikirim kepada para anggota maupun kepada pihak-pihak luar.
Buku Kepemilikan Srana/Prsarana Anggota
Adalah dokumen tertulis yang memuat tentang jenis-jenis sarana-prasarana perikanan seperti alat-alat dan mesin yang dimiliki anggota kelompok
Buku Luas Lahan
Adalah dokumen tertulis yang berisi tentang luasan areal lahan garapan anggota kelompok berupa lahan yang dijalankan para anggota.
Buku Pengurus
Adalah dokumen tertulis yang berisi tentang biodata setiap pokdakan poklahsar dan KUB yang menjadi pengurus kelompok
Buku Daftar Hadir
Adalah dokumen tertulis yang berisi kehadiran setiap anggota kelompok dalam setiap kali kelompok mengadakan kegiatan.
Administrasi Keuangan
Buku Kas
Adalah dokumen tertulis yang mencatat tentang segala kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok yang menyangkut keluar masuknya keuangan kelompok.
Buku Iuran Anggota
Adalah dokumen tertulis yang mencatat tentang masuknya iuran dalam bentuk uang tunai maupun kedalam kas kelompok.
Buku Inventaris
Adalah dokumen tertulis yang berisi tentang jenis barang, sarana dan prasarana seperti alat-alat dan mesin yang dimiliki kelompok baik yang berasal dari pembelian yang dilakukan oleh kelompok maupun dari bantuan pemerintah.
Buku Penjualan
Adalah dokumen yang berisi tentang segala kegiatan penjualan hasil produksi usaha yang dihasilkan kelompok yang dilaksanakan oleh anggota kelompok.
Buku Pembelian

Adalah dokumen tertulis yang mencatat tentang segala kegiatan pengeluaran uang yang dipergunakan untuk membeli barang berupa alat dan mesin serta bahan baku usaha berupa sarana produksi,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung SR dan FCR Udang Vaname saat Kegiatan Produksi

Cara mengetahui berapa estimasi udang di tambak

Plankton, Lumut, Klekap dalam budidaya udang