Plankton, Lumut, Klekap dalam budidaya udang

Suatu  hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam budidaya udang, adalah pengelolaan kualitas air tambak. Seorang bididayawan belum dapat dikatakan mengerti tentang budidaya udang apabila belum mampu mengelola kualitas air tambaknya. mengelola kualitas air tambak dalam konteks ini, maksudnya ialah menjaga semua parameter kualitas air yang dipantau selalu berada dalam kisaran yang dianjurkan, yakni DO minimal 4 ppm (pagi) dan maksimal 12 ppm (siang), pH 7,5 - 8,0 (pagi) dan 8,0 - 8,5 (siang), salinitas 12 - 25 ppt, alkalinitas 120 - 150 ppm, kecerahan 30 - 70 cm (tergantung pada umur udang), ammonia bebas maksimal 0,1 ppm, ketinggian air 120 cm dan jenis plankton yang diharapkan Chlorophyta dan Diatomae, sementara Blue Green Algae (BGA) harus di bawah 10 % dan Dinoflagellataharus di bawah 5 %.

Pada awal masa budidaya, hal yang sulit dikendalikan adalah "kecerahan", karena pada saat itu input (nutrisi yang diperlukan oleh plankton untuk berkembang biak) yang masuk berupa pupuk organik (fermentasi super NB), pupuk anorganik (urea, TSP), maupun pakan pellet masih sedikit jumlahnya. Sehingga nutrisi yang diperlukan oleh plankton untuk berkembang biak belum mencukupi, yang berakibat pada lambatnya perkembangbiakan plankton dalam tambak dan kecerahan air tetap tinggi. Masalah yang biasa timbul pada kondisi kecerahan air tambak yang masih tinggi adalah timbulnya "lumut" dan "klekap".

Lumut 

Lumut merupakan tumbuhan berklorofil yang melakukan aktivitas fotosintesis dan tumbuh sampai kedalaman tertentu, dimana intensitas cahaya matahari masih bisa digunakan untuk aktivitas fotosintesis. Bila kecerahan air tambak tembus sampai dasar, maka lumut akan tumbuh dengan subur di dasar tambak, menyebabkan plastik dasar tambak menjadi licin dan kotor.



Keberadaan lumut (filamentous algae) pada dinding tambak menyebabkan dinding tambak tersebut tampak kotor, karena lumut ini memerangkap kotoran - kotoran seperti partikel lumpur, plankton yang telah mati dan zat padat tersuspensi. Akibatnya protozoa (Zoothamnium, Epistylis) akan bersarang dengan nyaman di dinding tambak. Sedangkan kondisi udang pada tambak - tambak yang dindingnya berlumut dan kotor, terutama pada bagian abdomen(perut) dan kaki renang. Bila protozoa yang bersemayam di sela - sela lumut sampai masuk ke dalam insang akan menyebabkan aktivitas respirasi udang dan metabolisme akan terganggu, yang menyebabkan nafsu makan udang menurun. Bila hal itu terjadi, pertumbuhan akan terhambat dan udang menjadi kropos.

Cara Mengatasi Lumut

Ada beberapa cara yang efektif untuk mengatasi lumut di tambak :

Pertama : perbaiki kualitas air dengan menumbuhkan plankton agar kecerahan air sesuai dengan standar yang ditetapkan, yaitu 30 - 70 cm. Bila matahari tidak bisa menjangkau tempat tumbuhnya lumut, lumut itu akan mati karena tidak bisa melakukan aktivitas fotosintesis.

Kedua : gosoklah dinding tambak dengan menggunakan sikat ijuk atau peralatan lain agar lumut hilang dan mati, sehingga tidak ada tempat singgah bagi protozoa.

Klekap

Klekap merupakan suatu kumpulan beberapa jenis algae yang membentuk suatu anyaman, yang satu sama lainnya dilekatkan oleh suatu substansi seperti lendir. Anyaman tersebut membentuk suatu lembaran berwarna coklat, coklat kehijauan, hijau kekuningan, sampai hijau kebiruan, tergantung pada jenis dan persentase algae penyusunnya.

Algae penyusun klekap terdiri dari BGA (Oscillatoria, Phormidium, Lyngbya, Spirulina), Diatomae (Navicula, Nitzschia, Amphora, Pleurosigma), Protozoa (Zoothamnium, Vorticella, Epistylis, Acineta),   bakteri, Rotifera, cacing dan sebagainya.

Klekap yang sebagian penyusunnya adalah BGA akan berwarna hijau kebiruan dengan bentuk lembaran lebar dan kompak. Tapi, bila penyusunnya dari golongan Diatomae yang dominan, maka bentuknya lembaran kecil - kecil, mudah terpisah dan berwarna kecoklatan.

Mengapa Tumbuh Klekap

Klekap bisa tumbuh pada dinding tambak atau dasar tambak. Sebagian besar penyusun klekap merupakan algae yang mempunyai klorofil, yang mampu melaksanakan fotosintesis dengan adanya cahaya matahari. Bila kecerahan air tambak masih tinggi dan cahaya matahari bisa mencapai dasar tambak, menyebabkan algae yang hidup di dasar tambak tumbuh dengan pesat, membentuk suatu anyaman yang satu sama lainnya dilekatkan oleh lendir. Algae ini akan berkembang dan menutupi dasar tambak, sehingga pertukaran gas dan nutrien antara air pada permukaan atas anyaman algae (klekap) dengan endapan lumpur di bawahnya menjadi sangat berkurang. Hal ini menimbulkan suatu keadaan anaerobik pada endapan lumpur di bawah lapisan klekap.

Gas - gas seperti ammonia (NH3) dan hidrogen sulfida (H2S) yang dihasilkan dari penguraian bahan -bahan organik dalam kondisi anaerob, terperangkap di bawah lapisan klekap dalam konsentrasi tinggi. Dan pada permukaan atas klekap juga terbentuk gelembung - gelembung gas oksigen sebagai hasilfotosintesis. Adanya dorongan gas dari bawah dan terbentuknya gelembung - gelembung gas oksigen pada permukaan klekap, menyebabkan klekap terdorong ke atas dan muncul di permukaan air, gas - gas beracun yang terperangkap di bawah klekap juga terbebaskan ke air. Hal ini bisa menimbulkan kematian pada udang, baik secara langsung maupun tidak langsung, yaitu melalui infeksi penyakit.

Klekap yang muncul di permukaan air, bila tidak segera diangkat akan tenggelam kembali ke dasar tambak. Karena gelembung - gelembung gas yang terbentuk pada permukaan klekap akan memuai karena terkena panas matahari dan akhirnya pecah. Sehingga tidak sanggup lagi menyangga klekap untuk tetap berada di permukaan air. Klekap yang tenggelam ke dasar tambak tidak akan muncul lagi ke permukaan air, karena klekap tersebut akan segera mengalami proses pembusukan (dekomposisi) anaerobik. Sedangkan pada proses pembusukan anaerob dibebaskan gas - gas ammonia (NH3) dan hidrogen sulfida (H2S), serta lumpur hasil dekomposisi berwarna hitam yang berbau busuk.

Bila klekap sudah tenggelam di dasar tambak dan membentuk lumpur hitam, sebaiknya segera dilakukan penyiponan (pembersihan dasar tambak) agar tidak timbul masalah yang lebih besar, seperti survival rate (SR = angka kelulushidupan) udang yang rendah, pertumbuhan lambat, udang kotor dan infeksi pada udang.

Bagaimana Mencegah Klekap?

Klekap tidak akan muncul bila sinar matahari tidak mencapai dasar tambak. Karena itu perlu ditumbuhkan plankton dengan cara melakukan sirkulasi air atau penggantian air, dan dilanjutkan dengan pemupukan. Jenis dan dosis pupuk yang digunakan sangat tergantung pada kondisi masing - masig tambak. Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan pada saat ada sinar matahari, agar pupuk bisa dimanfaatkan dengan baik oleh plankton.

Refrensi : http://ewinasis.blogspot.co.id/2012/06/plankton-lumut-dan-klekap-dalam.html

Komentar

  1. Maaf master pupuk apa yg baik itu ?harap maklum masih pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pupuk yang terdaftar di pemerintah, kalau perikanan tentunya yg direkomendasikan KKP, untuk pengunaannya tergantung tujuan dari pemupukan sendiri, apakah untuk penumbuhan planton di air atau klekap, misal untuk di air menumbuhkan jenis clhorophyceae kami biasa menggunakan sumber N berupa ZA kalau tidak ada bisa pakai UREA dibarengi dengan penambahan kapur yang menggandung Ca dan Mg, itu yang biasa saya aplikasikan pak,


      saya juga masih belajaran pak, belum master he.. hee..

      Hapus
  2. Bolehkah memasukan pupuk Z.A.atau urea kedalam kolam atau tambak.kalau kolam atau tambak uda ada ikan atau udang nya.

    BalasHapus
  3. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...

    Kami menjual aneka Kapur :
    - Kapur Aktif / Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur Padam / CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung / CaCo3 /Kalsium Karbonat / Kapur pertanian /Kaptan .
    - Zeolite .
    - Bentonite .
    - Dolomite dll.

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep 081281774186
    085793333234

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung SR dan FCR Udang Vaname saat Kegiatan Produksi

Cara mengetahui berapa estimasi udang di tambak